7 Langkah Kerja Efektif

Untuk membangun sebuah tim kerja yang solid dan diisi oleh orang-orang yang termotivasi adalah hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk dapat mencapai hasil terbaik dalam mewujudkan visi dan misi. Namun, kenyataanya banyak para pemimpin di perusahaan hanya berfokus pada hasil, output atau apapun yang menunjukan sebuah bukti konkrit hasil kerja para karyawan. Padahal untuk mencapai hasil kinerja yang maksimal ada beberapa hal yang seringkali dilupakan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai kerja efektif, yaitu:

The Breaks (Rem)

Rutinitas bekerja dari waktu ke waktu dan hari ke hari dapat berpotensi menimbulkan rasa bosan dan penat. Sehingga karyawan perlu tahu kapan waktunya untuk sementara waktu rehat dari rutinitas pekerjaan atau paling tidak tahu kapan bisa istirihat sejenak di sela-sela rutinitas sehari-hari.

Holidays (Hari Libur)

Hari libur juga tidak kalah penting, bahkan ada sindiran yang cukup terkenal bahwa setiap tahun kerja baru, berapa dan kapan hari libur adalah hal pertama yang dicari. Mengizinkan karyawan untuk mengetahui kapan hari liburnya secara proporsional sehingga dapat merencanakan kegiatan bagi waktu berharganya untuk bisa istirahat sejenak dari rutinitas kantor adalah hal bijaksana bagi perusahaan

Being Heard (di-Dengarkan)

Anggota organisasi perlu untuk didengar. Yakinkan pada semua anggota organisasi, bahwa masukan, saran ataupun kritik yang disampaikan adalah bagian dari usaha untuk menjadikan perusahaan lebih baik. Dan tidak hanya sampai mendengarkan, beri respon dalam bentuk sikap dan perilaku serta pemahaman.

Achievable Goals (Pencapaian Target)

Target yang diharapkan dari karyawan harus tergambar dengan sangat jelas sehingga karyawan dapat menyiapkan segala sesuatunya dengan jelas pula. So Be Clear, beri karyawan penjelasan yang jelas dari keinginan perusahaan.

Being Thanked (ber-Terima Kasih)

Ketika karyawan anda melakukan pekerjaan dengan baik, jangan ragu untuk memujinya, sangatlah mudah untuk berkata “Terima kasih!”. Penghargaan sederhana, apalagi datang dari orang yang berpengaruh pasti akan membawa dampak besar terhadap karyawan.

Challenge (Tantangan)

Pada dasarnya, setiap orang menyukai hal-hal baru untuk dieksplorasi dan dipelajari. Temukan jalan-jalan yang baru untuk mengembangkan potensi karyawan, jangan takut dengan kesalahan yang akan terjadi, karena kesalahan adalah bagian tidak terpisahkan ketika kita bekerja.

Security (Rasa Aman)

Kondisi bisnis saat ini sedemikian cepat bergerak, kita hidup di era ketidakpastian, tidak lah mudah untuk membangun sebuah masa depan yang stabil. Perubahan terjadi terlalu cepat, tapi dapat dicari jalan dengan meyakinkan karyawan bahwa ini adalah tempat yang aman bagi karyawan untuk bekerja. Rasa aman dalam bekerja adalah bagian dari kebutuhan dasar setiap orang, ketika rasa aman tercipta, maka kerja menjadi lebih nyaman.

(Sumber: infomedia.web.id | 2010)

2 thoughts on “7 Langkah Kerja Efektif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s