Ajaib, Tumor Otak Bisa Hilang dengan Sendirinya

Derbyshire, Seorang bocah 3 tahun yang menderita tumor otak tiba-tiba mengalami keajaiban. Setelah berhenti menjalani kemoterapi, tumor yang ada di otaknya justru lenyap.

Kini, si bocah menjadi sosok yang sangat dikagumi dan menjadi inspirasi bagi penderita tumor lainnya yang percaya bahwa keajaiban itu memang ada.

Bocah 3 tahun bernama Liberty Rose Finn tinggal di Derbyshire, Inggris. Awalnya, dokter yang menangani Liberty tidak bisa menjelaskan bagaimana tumor di otaknya yang bisa memicu kebutaan dan gangguan otak bisa hilang begitu saja. Tapi kini dokter sudah tahu jawabannya, yaitu keajaiban.

Liberty lahir pada Desember 2006 dalam keadaan normal. Namun 6 minggu kemudian orang tuanya menemukan kejanggalan pada mata Liberty. Setelah diperiksa ke dokter, diketahui bahwa Liberty mengalami nystagmus, yaitu ketidakmampuan mengontrol gerakan mata dan membuat matanya terus berputar.

Menurut pakar mata dari Queens Medical Centre in Nottingham, penyebab kondisi tersebut yaitu karena adanya pertumbuhan sebuah jaringan tidak normal diantara saraf mata dan otak. Dokter mengatakan bahwa daging yang tumbuh tepat di belakang matanya itu tidak dapat diambil karena berisiko menimbulkan kebutaan dan kerusakan otak.

Liberty pun akhirnya menjalani pengobatan kemoterapi dan mengonsumsi obat-obatan pada Oktober 2007. Kemoterapi yang telah dijalani Liberty selama 18 bulan memang berhasil mengurangi ukuran tumor hingga 50 persen.

Tapi pengobatan terpaksa dihentikan karena kemoterapi tidak memberikan pengaruh signifikan lagi terhadap Liberty, bahkan kondisinya semakin parah. Setelah melewati 1 tahun tanpa perawatan kemoterapi, Liberty kembali diperiksa di rumah sakit. Ajaibnya, hasil scan menunjukkan tumor itu hilang sama sekali dari otaknya.

“Awalnya kami datang ke rumah sakit untuk mengetahui apakah tumor itu sudah stabil atau semakin berkembang. Tapi kami terkejut ketika diberitahu bahwa tumor itu justru hilang. Kami tidak pernah bermimpi mendengar kabar baik itu. Tumor itu tadinya sangat besar, tapi kini sudah hilang,” ujar sang ibu seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (5/2/2010).

Saking tidak percayanya, sang ibu terus menanyakan kebenaran itu pada dokter. “Rasanya seperti ada keajaiban. Liberty adalah satu dari jutaan penderita tumor lainnya yang bisa melawan penyakit dengan kekuatan tubuhnya sendiri,” tuturnya.

Meski demikian, Liberty tetap menjalani pemeriksaan rutin 6 bulan sekali untuk memastikan apakah tumornya benar-benat hilang atau ada kemungkinan muncul lagi.

“Tumor itu bisa hilang karena bantuan pengobatan sebelumnya ditambah dengan kekuatan tubuh dan pikiran Liberty yang sangat kuat dalam melawan penyakit itu,” ujar Roz Osborne dari the Samantha Dickson Brain Tumour Trust.

“Kejadian yang luar biasa ini semoga bisa memberi harapan pada orang tua yang memiliki anak dengan penyakit tumor otak. Percayalah, keajaiban itu memang ada,” kata sang ibu.

Nurul Ulfah – detikHealth
(fah/ir)

About darmanet

darma internet internetan dengan koneksi cepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s