WN Bulgaria Diduga Otaki Pembobolan Bank di Bali

JAKARTA, KOMPAS.com — Seorang pria berinisial M yang diketahui berkewarganegaraan Bulgaria diduga sebagai otak pembobolan tabungan nasabah melalui anjungan tunai mandiri (ATM) di Bali. Bahkan, M sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh pihak kepolisian.

Dia yang memang profesional dalam pembobolan bank itu masuk ke Indonesia lalu diduga merekrut dua warga negara Indonesia dan mengajarkan praktik kejahatan pembobolan bank.

Berdasarkan data hasil penyidikan yang diterima wartawan dari pihak Polri, Jumat (5/2/2010), M merekrut dua WNI berinisial S dan HH. Kedua WNI yang masih diburu itu berperan sebagai penyedia alat skimmer, penyedia laptop, dan penyedia fasilitas lain untuk pelaku lapangan, pengumpul uang, dan penyedia data hasil curian dari pelaku lapangan. Data itu kemudian diserahkan kepada M. Kedua kaki tangan M itu diduga kini berada di suatu negara di Asia Timur.

Untuk memperluas jaringan, S dan HR kemudian merekrut dua WNI lain, yaitu RS dan SL, yang telah tertangkap di Surabaya. RS dan SL merekrut tujuh pelaku lapangan, yaitu AS, AB, TC, YC, dan P (ditangkap di Surabaya), W (ditangkap di Jakarta), dan R (di Banyuwangi).

About darmanet

darma internet internetan dengan koneksi cepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s