Jodoh dan Cerai di Tangan Facebook

Jakarta – Budiman begitu betah membuka-buka akun Facebook miliknya. Berkali-kali dia mengklik foto perempuan cantik di situs jejaring pertemanan itu. Foto yang menarik hati langsung dikirimkan permintaan menjadi teman. Tujuannya nanti adalah mengajak chatting.

“Iseng-iseng saja siapa tahu perempuan itu bisa diajak ngobrol dan kencan,” jelas Budiman yang merupakan salah satu karyawan swasta di Jakarta, Rabu (24/2/2010).

Selama ini Facebook memang menjadi fenomena. Orang bisa berkenalan dengan orang lain dari seluruh dunia. Motif perkenalan pun beragam dari mencari teman, jaringan kerja atau hanya teman kencan. Beberapa orang bahkan secara terus terang menyatakan orientasi seksualnya, gay atau lesbian. Pengamat Sosial Universitas Indonesia Musni Umar menilai situs jejaring sosial seperti Facebook, menjadi sarana perselingkuhan baru.

“Facebook atau Twitter sangat berpotensi menyebabkan perselingkuhan bahkan perceraian. Sebab kita akan leluasa memperhatikan wajah orang lain. Pria mana sih yang tidak akan tergoda melihat perempuan muda dan cantik yang ada di Facebook?” ujar Musni kepada detikcom.

Interaksi melalui dunia maya lewat Facebook dan Twitter ini, kata Musni, membuat masing-masing orang akan tergoda untuk menjalin hubungan melampaui batas pertemanan. Tidak terkecuali bagi orang yang sudah menikah. Oleh karena itu Facebook dari kalangan yang sudah terikat pernikahan di Indonesia, mendorong pula perselingkuhan yang rawan berujung dengan perceraian.

“Fenomena Facebook akan mendorong meningkatnya angka perceraian. Awalnya mereka saling curhat ketika masing-masing merasa nyaman maka terjadilah hubungan yang serius,” jelasnya.

Namun menurut Musni, perceraian yang dilakukan bukan melulu inisiatif dari suami yang berselingkuh. Justru jejaring sosial seperti Facebook lebih mendorong perempuan untuk menjadi ajang curhat. Curhat yang tadinya dengan orang dekat, kini bisa dilakukan dengan siapa saja yang juga dianggap dekat walaupun itu di dunia maya. Kalau sudah begini, kata Musni, akan semakin banyak istri yang punya keberanian untuk meminta cerai.

Meningkatnya keberanian perempuan yang menggugat cerai suami ternyata dibenarkan oleh Dirjen Badan Peradilan Agama Wahyu Wardiana. Dalam 6 tahun terakhir, dari sekitar 200 ribu kasus, ternyata 65 persen perceraian berasal dari gugatan istri. Hanya 35 persen perceraian berasal dari inisiatif suami.

Wardiana belum bisa memastikan apakah riak-riak perceraian tersebut lantaran perkembangan dunia maya atau bukan. Sebab selain internet ada televisi yang juga bisa menjadi pendorong misalnya sosialisasi perceraian lewat sinetron, infotainment atau tayangan-tayangan lain. “Tapi unsur teknologi bukan faktor dominan ya. Hanya menjadi salah satu faktor saja,” ulasnya.

Deden Gunawan – detikNews
(ddg/fay)

About darmanet

darma internet internetan dengan koneksi cepat

2 thoughts on “Jodoh dan Cerai di Tangan Facebook

  1. HAI,,,, saya seorang pria. Saya siap melayani seks untuk wanita, gadis, tante girang, wanita karir kesepian, janda, istri dan lesbi..

    FOREPLAY
    KISSING
    LICKING
    FINGERING
    SUCKING
    FUCKING
    FOTO ORIGINAL 100%, COREL DRAW NO, NO PHOTOSHOP, NO tanam
    100% MEN
    100% SOPAN, RAMAH,KALEM
    100% NO DRINK, NO NARKOBA, NO SUNTIKAN
    100% BERKELAKUAN BAIK
    Top / baik, berfungsi penuh

    65kg berat / 180cm tinggi

    tidak perlu bertele-tele
    hubungi saya segera hubungi / sms

    089650091317 = GILANG

    Jadi apa yang ANDA TUNGGU DAN CARI? BAWALAH saya sekarang …

    JASA SAYA LAINNYA:

    1. PEMBELIAN BARANG KEBUTUHAN KANTOR = KARYAWAN ANDA MELAKUKAN BANYAK KORUPSI? KEUANGAN PERUSAHAAN BERMASALAH? P DATA PEMBELIAN BANYAK DIMANIPULASI. BERAPA LAMA HARUS DISELESAIKAN? SEBUTKAN BERAPA ANDA MAMPU MEMBAYAR SAYA?

    2. PENGAWAL PRIBADI = RP.50.000 PER 1 JAM (TIDAK UNTUK BERKELAHI / TIDAK SEBAGAI PENJAGA DALAM KASUS MASALAH SENGKETA TANAH / BIDANG BISNIS USAHA CLIENT)

    3. SPY UNTUK SUAMI / ISTRI / ANAK = BERAPA KEMAMPUAN ANDA? HARGA SAYA WAJAR. JELASKAN DETAIL APA TARGETNYA.

    4. PRIA SEWAAN / PACAR SEWAAN / PENDAMPING SEWAAN = RP.75.000
    PER 1 JAM (BAJU SAYA, ANDA YANG SIAPKAN). KETEMUAN LANGSUNG BAYAR TUNAI & JELASKAN BERAPA LAMA ANDA GUNAKAN JASA SAYA.

    5. BERSEDIA UNTUK DINIKAHI KONTRAK UNTUK WANITA LOKAL / LUAR NEGERI BUKAN NIKAH SIRI = SEBUTKAN BERAPA ANDA MAMPU MEMBAYAR SAYA?

    6. MEMBANTU ANDA UNTUK YANG BUJANGAN / BARU MENIKAH / SUAMI ISTRI SULIT MENEMUKAN SOLUSI BISNIS YANG COCOK SESUAI KEMAMPUAN KEUANGAN ALOKASI DANA YANG DIMILIKI = BERAPA ANDA MAMPU MEMBAYAR SAYA? UNTUK BERAPA LAMA WAKTU SAYA HARUS MENYELESAIKAN? KETEMUAN LANGSUNG RAPAT DENGAN SAYA. JELASKAN DENGAN TERBUKA SEMUANYA..

    7. SUPIR PRIBADI = RP.75,000 PER 1 JAM. UNTUK BERAPA LAMA ANDA MENGGUNAKAN LAYANAN SAYA? KEMANA? KETEMUAN LANGSUNG BAYAR TUNAI

    8. ANDA MEMILIKI BANYAK UANG? ANDA MEMILIKI BANYAK MOBIL? ANDA MEMILIKI BANYAK RUMAH / APARTMENT / VILLA / CONDOMINIUM? Namun, tidak ada yang bisa dipercaya untuk mengurusnya, membersihkannya, menyapunya, mengepelnya, memperbaikinya = PERALATAN DAN PERLENGKAPAN ANDA YANG SIAPKAN. JELASKAN APA TUGAS SAYA? LOKASI DIMANA? KAPAN? BERAPA LAMA? KETEMUAN LANGSUNG BAYAR TUNAI.

    PENGALAMAN SAYA MOBIL MERCEDEZ BENZ S-350, SL 63 AMG, PORSCHE BOXTER S CABRIO, FERRARI F430, FERRARI F360 MODENA, TOYOTA SOARER CABRIO, MERCEDEZ BENZ SL 300 COUPE, ROLLS ROYCE 2003, BENTLEY ARNAGE FLYING SPUR 2008, JAGUAR DAIMLER V6 4.0 L, THE NEW TOYOTA LAND CRUISER 2012, THE NEW RANGE ROVER 2012, ETC.

    PENGALAMAN MENGURUS RUMAH DI SINABUNG JAKSEL, KYAI MAJA JAKSEL, ANTASARI JAKSEL ( RATA-RATA LUAS 1000 M2 ), JL. SLAMET RIYADI SOLO ( LUAS 8000 M2 )

    9. MEMBANTU BUANG SUSUK / BENDA GAIB YANG ADA DALAM TUBUH ANDA (UNTUK MUSLIM DAN NON MUSLIM) = SEBUTKAN BERAPA ANDA MAMPU MEMBAYAR SAYA? KETEMUAN LANGSUNG BAYAR TUNAI (LANGSUNG PRAKTEK & JASA SAYA BERGARANSI )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s