Komik Menjadi Pilihan Investasi Model Baru

BERINVESTASI melalui emas dan tanah bisa jadi akan mulai ditinggalkan banyak orang karena ternyata investasi komik jauh lebih menggiurkan.

Dalam kurun waktu 78 tahun sebuah komik bisa mendulang keuntungan hingga jutaan kali lipat. Setidaknya itulah yang terjadi saat Action Comics #1atau edisi perdana yang menampilkan tokoh superhero Superman dilelang di ComicConnect. Com, empat hari lalu. Komik ini mampu terjual hingga USD1 juta (Rp9,4 miliar).Padahal, saat komik itu baru dikeluarkan pada 1938,harganya baru USD10 sen. Cerita harga komik yang melambung jutaan kali lipat terulang lagi kemarin. Detective Comics #27, yang menampilkan superhero Batman terbitan 1939, laku terjual hingga USD1, 075 juta (Rp10,1 miliar). Komik karya Marvel yang menceritakan pahlawan bertopeng Kota Gotham ini langsung mencetak sejarah sebagai komik termahal di dunia.

Komik tersebut dilelang Heritage Auction Galleries,Dallas, Kamis (25/2) waktu setempat atau kemarin waktu Indonesia. Namun, Heritage Auction Galleries tidak menyebut siapa pemilik sebelumnya dan siapa yang berhak memiliki komik Batman yang berada dalam buku Detective Comics #27. Mereka hanya mengatakan bahwa pemilik sebelumnya merupakan seseorang yang sangat paham akan dunia komik.Pemilik sebelumnya membeli komik Batman dengan harga hanya USD100 kurang lebih 40 tahun lalu. Artinya, dia mampu mendulang keuntungan lebih dari 10.000 kali lipat.

Rekor yang ditorehkan komik Batman ini hanya berselang tiga hari setelah Action Comics edisi pertama yang menampilkan Superman memecahkan harga dalam penjualan komik dunia. Harga komik Superman yang mencapai USD1 juta ini melonjak tiga kali lipat dari penjualan komik Torpedotahun lalu seharga USD317.000. Mantan penerbit dan Wakil Presiden Marvel Comics, Shirrel Rhoades, mengatakan bahwa meroketnya harga komik tidak bisa dilepaskan dari krisis ekonomi yang melanda dunia pada akhir 2008. Setelah krisis itu banyak orang mulai menyadari,berinvestasi tradisional dengan menabung emas, tanah, atau properti memiliki risiko besar.

Barang-barang itu juga sulit saat hendak dijual. Sebaliknya, komik tidak akan kehilangan peminat karena ada begitu banyak penggila yang siap merogoh kocek dalam-dalam demi memiliki buku komik yang dianggap bersejarah. “Apa yang terjadi saat ini adalah cerminan miskinnya perekonomian. Saat pasar barang menurun, saat investasi real estat melewati batas, kolektor barang tertentu seperti komik menawarkan alternatif untuk berinvestasi menguntungkan dan terus menunjukkan pertumbuhan yang sangat potensial,” tuturnya.

Rhoades menambahkan, Action Comics #1 terbitan 1938 sebenarnya memiliki nilai historis yang lebih tinggi daripada Batman edisi perdana, 1939.Namun, komik Batman edisi tersebut membuktikan diri bisa melewati rekor Superman. “Saya melihat hal ini sebagai sebuah kegilaan.Penjualan Batman menunjukkan fenomena di luar dugaan. Hargakomikituakanterusmeroket di masa depan,”ujar Rhoades. Delapan tahun lalu Rhoades memberi salah seorang temannya Amazing Spider-Man #1 terbitan 1963 yang saat itu berharga USD40.000.

Komik itu sekarang diperkirakan mencapai USD100.000. “Istri saya bercanda,mengapa saya memberikan komik itu, padahal nilainya akan menjadi berkali-kali lipat di masa depan,”ujarnya. Vincent Zurzolo, yang menangani penjualan Action Comics #1 tiga hari lalu sekaligus operator ComicConnect.com menilai tingginya harga komik sangat wajar. Dia juga meyakini pembeli sangat sadar dengan apa yang dia inginkan. “Mereka sangat familier dan nyaman dengan itu (komik).Mereka juga berpikir bahwa komik bisa menjadi alat investasi,”katanya. Zurzolo menambahkan, nilai komik akan terus bertambah sekitar 25% tiap tahunnya. Sangat menggiurkan.

Tidak seperti barang properti, nilai komik juga diyakini tidak akan turun bahkan naik berkali- kali lipat di masa depan.Semakin punya nilai historis, nilai sebuah komik akan melonjak dengan cepat dalam waktu setahun. Pemilik ComicConnect, Stephen Fisler, berpandangan bahwa komik Superman edisi perdana menjadi sangat mahal karena dalam dunia komik keberadaannya setara dengan “cawan suci”. Dalam sampul komik itu, tampak superhero Superman dengan seragam biru merah khasnya sedang mengangkat mobil, sedangkan dua penjahat terlihat kabur.Di komik edisi inilah tokoh Superman yang diceritakan lahir di planet lain itu pertama kali ditampilkan.

Komik ini menjadi catatan sejarah dalam dunia komik karena menampilkan superhero yang bisa terbang. Dalam komik-komik sebelumnya tidak ada superhero yang digambarkan bisa terbang. Diperkirakan ada 100 buku Action Comics #1 yang masih beredar di masyarakat, tapi hanya dua di antaranya yang masih terawat dengan baik. “Bagi kebanyakan orang, Action Comics #1 dianggap sebagai buku yang paling penting. Buku inilah yang memperkenalkan dan mengantar lahirnya superhero,” ucap John Dolmayan, seorang penggemar komik.
(Rtr/The Independent/BBC/ maesaroh)

About darmanet

darma internet internetan dengan koneksi cepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s