Kostum dari Bahan Botol Plastik untuk Sembilan Timnas

LONDON (SI) – Isu global warming yang beberapa tahun terakhir gencar dikampanyekan ternyata mampu menggugah produsen-produsen olahraga untuk menciptakan produk ramah lingkungan selama Piala Dunia 2010.

Nike, misalnya, secara resmi mengumumkan kostum yang akan digunakan sembilan timnas (Brasil, Belanda, Portugal,AS,Korea Selatan,Australia, Selandia Baru, Serbia, dan Slovenia) di Afrika Selatan musim panas mendatang menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Kostum yang akan dikenakan Kaka, Cristiano Ronaldo,Wesley Sneijder, Dejan Stankovic, maupun Landon Donovan itu terbuat dari polyester yang berasal dari bahan daur ulang botol bekas air mineral. Perusahaan alat-alat olahraga asal Negeri Paman Sam itu menjelaskan butuh 13 juta botol plastik bekas air mineral untuk membuat kostum kesembilan timnas tersebut.

Dengan bangga Nike menyebut botol-botol yang diambil dari tempat pembuangan akhir sampah itu mampu disulap menjadi bahan polyester seberat 254 ton. Nike menjelaskan, semua proses produksi sembilan kostum timnas tersebut menggunakan teknologi canggih yang juga ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. “Sejak lama komitmen kami jelas. Sebagai brandolahragaternama di dunia,kami tidak hanya berusaha membuat perlengkapan olahraga terbaik bagi para atlet di seluruh dunia, melainkan juga ramah lingkungan,” ujar Presiden Brand Nike Charlie Denson kepada The Daily Mail.

“Kostum yang kami produksi tidak hanya membuat atlet tersebut mampu meningkatkan performa, melainkan juga tidak mengotori lingkungan,”katanya. Tidak hanya bagi para pemain dari sembilan timnas yang akan bertarung di Piala Dunia mendatang, rencananya Nike juga akan memproduksi massal kostum-kostum tersebut agar dapat dimiliki fans. Kostum yang diproduksi menggunakan botol-botol plastik bekas air mineral di Jepang dan Taiwan itu akan secepatnya dilepas ke pasaran.

Belum dijelaskan kapan hal itu akan dilakukan. Namun, harga jual per kostum diperkirakan mencapai 50 pounds. Dengan produksi kostum daur ulang di Piala Dunia, Nike sangat optimistis dengan keuntungan yang akan didapat. Mereka pun percaya diri mampu menyaingi Adidas,yang di Benua Hitam pada 11 Juni–11 Juli mendatang menjadi pemasok kostum bagi 12 tim plus kostum resmi FIFA.

“Biarkan pasar yang menilai semuanya. Sebab, dengan inovasi yang kami lakukan,sepak bola kini tidak hanya dinikmati fans,melainkan juga seluruh penduduk planet ini,”kata Denson. (andri ananto)

About darmanet

darma internet internetan dengan koneksi cepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s